Senin, 10 Oktober 2011

E-business dan E-commerce

E-Business dan E-Commerce

Pengertian E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkian suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan ekternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara baik.

E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada  pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data diantara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, internet, intranet, extranet atau kombinasi lainnya.

Pupularitas e-business yang dimulai sejak  awal abad 20 didorong oleh tiga faktor, yaitu:

1. faktor pasar dan ekonomi, yang diantaranya kompetisi yang semakin intensif, perekonomian global, kesepakatan dagang regional, dan kekuasaan konsumen (bargaining power of buyer) yang semakin bertambah besar.

2. faktor sosial dan lingkungan, seperti perubahan karakteristik angkatan kerja, deregulasi pemerintah, kesadaran dan tuntutan akan praktis etis, kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan, dan perubahan politik.

3. faktor teknologi, meliputi singkatnya usia siklus hidup produk dan teknologi, inovasi yang muncul hampir setiap waktu, information overload serta berkurangnya rasio biaya teknologi terhadap kinerja.

Kelebihan dan Kelemahan E-business

Kelebihan E-business

1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan dan tidak bisa di temui di sistem transaksi tradisional.

2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).

3. Menurunkan biaya operasional (operating cost).

4. Melebarkan jangkauan (global reach).

5. Meningkatkan customer loyality.

6. Memperpendek waktu produksi.

7. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan)

Kekurangan E-business

1. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.

2. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam atau jaringan yang tidak berfungsi.

3. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.

4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalnya pembobolan sebuah sistem perbankan oleh hacker, kemudian memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.

5. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidak jujuran, praktek bisnis yang tidak benar, dan kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

Sedangkan E-commerce memberikan arti dan pengertian yang berbeda dalam berbagai sudut pandang, namun sebetulnya memberikan gambaran tentang sesuatu yang sama, yaitu misalnya:

Definisi akademis:
"A way to improve the exchange of gods, services, information, and knowledge using network-enabled tecnologies..."

Definisi para praktisi:
"ELectronis commerce means 'doing business electronically' using information and communications technology, such as the internet to do business with consumers, with other business, and even within the boundaries of the firm"
(R.Kalakota, 1997)

Definisi para pemakai:
"Inter organizational e-mail, directories, trading support system for commodities, products, customized products and custombuilt goods and services, ordering and logistic support systems settlement support systems"

Definisi generik:
E-economy
'The virtual arena in wich business actually is conducted value is created and exchange, transaction occur, and one-to-one relationships mature'
E-business
'Any internet initiative tractical or strategic, that transforms business realtionships, wheather those relationships be business-to-costumer, business-to-business, intra-business or even consumer-to-consumer'
E-commerce
'A particular type of e-business initiative that is focused around individual business transactions that use that the net as medium of excange, including business-to-business as well as business-to-consumer'

Electronic Commerce atau biasa disingkat e-commerce adalah kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers, dan pedagang perantara dengan menggunakan jaringan komputer yaitu internet. E-commerce sudah meliputi seluruh spektrum kegiatan komersial. Meskipun istilah e-commerce baru memperoleh perhatian beberapa tahun terakhir ini, tetapi e-commerce telah muncul dalam berbagai bentuknya sudah lebih dari 20 tahun.

E-commerce memiliki karakteristik diantaranya:

1. Terjadi transaksi antara kedua belah pihak (buyer and seller)
2. Terdapat pertukaran barang, jasa, atau informasi
3. Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme trading tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan E-Commerce

Kelebihan E-commerce

1. Memberikan kesempatan kepada produsen untuk meningkatkan pemasaran produk/servicenya secara global.

2. Mengurangi penggunaan paper/ kertas diberbagai aktifitas mulai dari tahapan desain, produksi, pengepakan, distribusi hingga marketing.

3. Mengurangi waktu delay dari pengiriman dan penyimpanan karena antara sistem produksi, pengepakan, penyimpanan dan distribusi terkoneksi secara online.

4. Membanatu perusahaan-perusahaan yang memproduksi produk/service yang sangat spesifik yang tidak dapat dipasarkan dalam bisnis secara fisik, karena keterbatasan konsumen, temapt dan biaya promosi yang tinggi.

5. Mengurangi waktu dan biaya promosi dari produk/service yang dipasarkan karena tersedianya informasi secara menyeluruh di internet sepanjang waktu.

Kekurangan E-commerce

1. Perkembangan infrastruktur yang lambat

2. Kurangnya sumber daya manusia.

3. Dukungan dari industri finansial seperti bank dan ansuransi

4. Perbaikan sistem perdagangan yang ada

Source: http://e-commerce.site90.net/  http://ekonomi.kompasiana.com/bisnis/2011/03/30/model-e-business-beserta-kekurangan-kelebihannya/  http://reagansatyawira.blogspot.com/2008/11/manfaat-e-business-bagi-perusahaan.html http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html


Contoh web E-Commerce

http://www.fastncheap.com/

kelebihan:

1. Bisa di operasikan kapan saja dan dimana saja selama ada akses internet
2. Pencarian menjadi lebih mudah dengan adanya search engine dalam web tersebut
3. Untuk transaksi jual beli menjadi lebih cepat dan mudah
4. Area pemasaranya yang luas, bisa mencakup ke seluruh dunia

kekurangan:
1. Interface yang masih standar/ biasa saja
2. Hanya bisa diakses jika ada internet
3. Hanya user yang mempunyai internet banking yang bisa emmbeli barang di web tersebut
4. Harga barang menjadi lebih mahal karena adanya tambahan biaya untuk ongkos pengiriman
5. Tidak bisa melihat secara langsung kualitas barang yang ingin/ hendak dibeli.


Sabtu, 05 Maret 2011

Manual Book – Pestilence Z


Pada permainan ini kita akan membunuh zombie yang ada pada sebuah kota. Pertama kita buka dulu permainan ini didalam http://www.belugerinstudios.com maka setelah kita pilih kita akan disuruh menunggu sebentar karena game sedang loading.
Setelah proses loading selesai, kita pilih new game untuk membuat permainan baru
Selanjutnya, memilih lokasi penyimpanan

Kemudian kita memilih karakter yang akan digunakan. Disini terdapat 3 karakter dan kita ambil satu contoh yaitu kita pilih karakter Nurse. Kemudian disebelah karkater terdapat table yang berisikan tingkat kesulitan permainan yang ingin kita pilih. Disini kita pilih normal untuk pemula.

Maka permaian pun dimulai, pada bagian menu tanda panah itu untuk kita jalan, jadi jika karakter kita jalan, klik tanda panah baru klik lantai nya, maka nanti karakter itu akan jalan ke tempat yang telah kita klik. Untuk menyerang musuh klik symbol seperti symbol refresh yang ada d menu pojok kanan bawah.. klik terus sampai nanti kita akan berhadapan dengan monsternya.

Maka nanti akan seperti gambar yang ada dibawah ini. Untuk menyerangnya klik monster yang kemudian nanti ada pilihan 1 sampai dengan 4. Terserah kita mau menggunakan taktik yang mana untuk menyerang musuh, lakukan terus menerus sampai monster mati.

Pada level ini, point yang dikumpulkan harus sampai dengan 100. Kemudian klik next untuk melanjutkanya.
 Setelah point terkumpul sampai 100, maka akan lanjut ke level berikutnya.

Jumat, 08 Oktober 2010

Tugas Softskill

Menggunakan Paint





Menggunakan Photosop

Minggu, 04 April 2010

Fungsi web yng Dirasakan Perlu namun Belum ada

seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali waralaba disekitar lingkungan rumah kita. jadi tidak perlu lagi setiap bulanya pergi ke swalayan besar yang jaraknya cukup jauh dari rumah untuk membeli sesuatu. karena hal ini saya berfikir bahwa sepertinya belum ada pembelanjaan sembako secara online. karena untuk wanita karier saya rasa ini sangat dibutuhkan, dengan kesibukanya dalam bekerja sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan makanan untuk anak-anak mereka misalnya.
saya berharap dalam membuat web ini ada kerjasama antara bank. agar mengantisipasi terjadinya penipuan baik di pihak konsumen maupun di pihak pengirim barang. jika seorang konsumen ingin belanja sembako online, maka kita harus tahu identitas serta alamat yang dapat dihubungi. dan sebaiknya si pengantar barang membawa alat pembayaran untuk kartu(ga tau namanya apaan) jadi pada saat barang dipesan dan telah sampai dirumah barulah si konsumen membayar pesananya.
saya rasa itu merupakan suatu ide bagus jika memang benar-benar ada di dindonesia hal seperti itu, karena menurut saya masih jarang ditemuai web yang langsung belanja kebutuhan sehari-hari secara online seperti makanan, minuman, dan kebutuhan pribadi lainya

Sabtu, 03 April 2010

Kelebihan dan Kekurangan Sebuah Web

untuk di zaman sekarang ini, kemajuan dalam dunia teknologi sangat berkembang pesat. semua orang hampir mengenal dengan yang namanya internet. apapun yang mereka butuhkan tentang sebuah informasi pasti dengan mudah di dapat. karena banyaknya pengguna internet sampai-sampai ada saja orang yang usil terhadap perkembangan teknologi. contohnya seperti penipuan melalui pemesanan online shopping, karena teman saya pernah menjadi korban dalam penipuan tersebut.
tapi disini saya tidak akan membahas tentang hal itu, saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan sebuah web. web yang akan saya bahas disini adalah http://www.youtube.com. kelebihan dari web ini adalah menyediakan berbagai macam video, karena jika saya ingin belajar sebuah software yang belum saya pahami benar bagaimana cara menggunakanya. saya pasti cari tutorialnya di web ini. dan benar-benar memudahkan saya dalam pembelajaran sebuah software dibandingkan dengan hanya membaca sebuah artikel tentang langkah-langkah penggunaan software tersebut. 
kemudian berikutnya adalah kekurangan dari web ini, saya rasa dengan tampilanya yang baru saya sangat kesulitan unutk mendownload video yang saya suka. contohnya, karena saya sangat suka dengan salah satu boyband dari korea saya selalu mendwonload music video yang mereka buat kemudian saya simpan di komputer saya dan bisa kapan saja saya melihatnya. dibandingkan jika saya harus membukanya kembali di web tersebut dan tentunya akan memakan biaya lagi. bagi saya sebagai seorang mahasiswa, masalah ekonomi benar-benar harus diperhatikan benar. jadi, dengan tampilan web yang baru, saya jadi tidak tahu bagaimana caranya mendownload lagi. karena url nya tidak ada, dan mau tidak mau kalau saya ingin nonton video boyband yang saya sukai, saya harus mengeluarkna biaya lagi untuk biaya internet.

Minggu, 28 Februari 2010

Fungsi Web

Fungsi web:

berhubung akhir-akhir ini yang sering dibuka jadi ini yang pertama okkk... web in idi khususkan hanya untuk mahasisawa Universitas Gunadarma, fungsinya bisa buat liat jadwal kuliah, jadwal ujian.. sebelum ada ini mungkin biasanya mahasiswa liat mading atau nanya sama temen tentang jadwal kuliah..

kalo web yang ini pastinya udah familiar banget, situs jejaring sosial.. tapi sayank banget di Indonesia banyak disalah gunain nie situs.. tapi fungsi utamanya setau saya awalnya hanya di peruntukkan buat salah satu universitas di Amerika.. trus di sebar lusakan deh.. di sini juga kita bisa ketemu sama temen lama, jadi mungkin kalo sebelum ada ini biasanya buat reunian SD/SMP kita harus ke sekolah minta datanya. tapi dengan adanya ini kita ga perlu lagi repot-repot ke sekolah tersebut kann buat minta data
kalo bagi saya, situs ini dipakai buat tuttor tertentu. misalnya kalo lagi susah buat instal suatu software saya buka situs ini supaya tau cara langsung instalnya, atau mungkin untuk menghack?? hehehehe.. atau liat video klip idola kesayangan jadi ga perlu cape nungguin tv seharian cuma buat liat video yang pengen kita tonton.

Penggunaan Internet

untuk dibilang mudah atau tidak dalam penggunaan internet itu relatif terhadap individual. tapi bagi saya bisa dibilang gampang sedikit susah tergantung kebutuhannya apa. biasanya setiap hari saya selalu menggunakan internet, karena berhubung baru pasang internet dirumah(hehehehehee). kalau internet tuh bisa di bilang perpustakaan dunia, informasi apa aja yang kita butuhin pasti ada selama kita bener nyarinya. untuk kemudahan dalam akses itu tergantung kecepatanya dan banyak apa gak orang yang sedang pakai internet. tapi sejauh ini, saya nyaman-nyaman aja pakai internet karena selain buat belajar juga nyari berita terbaru tentang idola... hehehehe